NURSING CARE

Selasa, 23 Oktober 2012

HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYAN KESEHATAN DENGAN KESETIAAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG PAVILIUN RSUD KOTABARU



ABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYAN KESEHATAN DENGAN KESETIAAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG PAVILIUN RSUD KOTABARU PERIODE DESEMBER 2009 – JANUARI 2010

Bambang Wajedi

            Pasien yang merasa puas dengan jasa yang diterimanya akan memperlihatkan kecenderungan yang besar untuk menggunakan kembali jasa yang ditawarkan oleh pembeli jasa pelayanan tersebut di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan dengan kesetiaan pasien rawat inap di ruang Paviliun RSUD Kotabaru. Penelitian ini termasuk penelitian analitik , populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap di ruang Paviliun RSUD Kotabaru pada periode Desember 2009 – Januari 2010. Sampel penelitian berjumlah 53 responden dari seluruh populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 86,8 % responden menyatakan puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan di ruang Paviliun RSUD Kotabaru, dan 13, 2 % responden masih merasakan tidak puas. Untuk melihat hubungan antara variabel menggunakan uji statistik Fisher’s Exact Test. Hasil uji statistik menyatakan ada hubungan yang bermakna antara tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan dengan kesetiaan pasien rawat inap di ruang Paviliun RSUD Kotabaru (p = 0,004 < a = 0,05). Petugas kesehatan hendaknya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah dengan cara meningkatkan kinerja pelayanan rawat inap yang belum memuaskan bagi pasien dengan perbaikan manajemen yang didukung oleh sumber daya manusia profesional sehingga dapat meningkatkan citra rumah sakit yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kesehatan.


Kata kata kunci : tingkat kepuasan, kesetiaan pasien, pelayanan kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar