ABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYAN
KESEHATAN DENGAN KESETIAAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG PAVILIUN RSUD KOTABARU
PERIODE DESEMBER 2009 – JANUARI 2010
Bambang Wajedi
Pasien yang merasa
puas dengan jasa yang diterimanya akan memperlihatkan kecenderungan yang besar
untuk menggunakan kembali jasa yang ditawarkan oleh pembeli jasa pelayanan
tersebut di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan dengan kesetiaan pasien
rawat inap di ruang Paviliun RSUD Kotabaru. Penelitian ini termasuk penelitian
analitik , populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap di ruang
Paviliun RSUD Kotabaru pada periode Desember 2009 – Januari 2010. Sampel
penelitian berjumlah 53 responden dari seluruh populasi dengan menggunakan
teknik pengambilan sampel purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 86,8 % responden menyatakan puas terhadap
pelayanan kesehatan yang diberikan di ruang Paviliun RSUD Kotabaru, dan 13, 2 %
responden masih merasakan tidak puas. Untuk melihat hubungan antara variabel
menggunakan uji statistik Fisher’s Exact Test. Hasil uji statistik
menyatakan ada hubungan yang bermakna antara tingkat kepuasan terhadap
pelayanan kesehatan dengan kesetiaan pasien rawat inap di ruang Paviliun RSUD
Kotabaru (p = 0,004 < a = 0,05). Petugas kesehatan hendaknya meningkatkan
kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah dengan cara meningkatkan
kinerja pelayanan rawat inap yang belum memuaskan bagi pasien dengan perbaikan
manajemen yang didukung oleh sumber daya manusia profesional sehingga dapat
meningkatkan citra rumah sakit yang lebih baik dalam memberikan pelayanan
kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar